TENTANG RIAU

RIAU


Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatra. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatra, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka
.Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat

ETIMOLOGI RIAU
  • pertama riau berasal dari kata portugis, "RIO" yg berarti sungai.
  • yg kedua " RIAHI" dari tokoh Sinbad Al-Bahar untuk suatu tempat di Pulau Bintan.
yg ketiga  “RIOH atau RIUH“ yang artinya hiruk pikuk atau ramai orang bekerja.


 IBUKOTA:                           PEKANBARU
       
  BAHASA

 RESMI :  indonesia
Regional:
        Melayu (dominan), Banjar, Batak, Bugis, Jawa, Kampar, Loncong,Minangkabau, Arab,Hokkien, Tamil, Tiochiu, Tionghoa

 LUAS WILAYAH:               87.023,66 km2 (3,360,002 sq mi)   
LETAK ASTRONOMIS:      02°25′ LU - 01°15° LS dan 100°03′ - 104°00′ BT. 
 LETAK GEOGRAFIS:    
  •  Sebelah Utara: Selat Malaka dan Provinsi Sumatera Utara
  •  Sebelah Utara: Selat Malaka dan Provinsi Sumatera Utara
  •  Sebelah Selatan: Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat 
  •  Sebelah Barat: Provinsi Sumatera Barat
  •  Sebelah Timur: Provinsi Kepulauan Riau dan Selat Malaka


    PAKAIAN ADAT RIAU 
        
           


    DESTINASI ALAM

    1. Air terjun Lubuk Bigau


    destinasi alam yg terletak di desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kamparkiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Air terjun ini juga termasuk air terjun tertinggi di riau,tingginya mencapai 130 meter

    JAM BUKA: setiap hari 09.00 - 17.00
    HARGA TIKET: 5.000 per orang

    2. Pulau Jemur



Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang. letak pulau ini yaitu di Bangansiapiapi. di pulau ini juga ada spesies penyu yg akan muncul pada musim tertentu.

JAM BUKA: kapan saja 24 jam
HARGA TIKET: GRATIS, 350. 000 ( untuk akomodasi pp)


3. hutan raya sultan syarif kasim



adalah suatu kawasan hutan konservasi,  yang berada di wilayah Kabupaten Kampar, Siak, dan Kota Pekanbaru di Provinsi Riau.
JAM BUKA: setiap hari 08.00 - 17.00
TIKET MASUK: GRATIS

4. kawah biru 


 awalnnya kawah ini adalah lokasi bekas galian yang terisi air hujan sehingga membentuk kawah. Warna air biru yang dihasilkan disebabkan oleh galian pasir yg berwarna putih bening sehingga warna ir terlihat jelas berwarna biru. kawah ini terletak di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, riau.

JAM BUKA: setiap hari 09.00 - 18.00
HARGA TIKET: 5.000 per orang


DESTINASI BUATAN

 

1. Candi Muara Takus

candi ini adalah candi Buddha yg merupakan satu-satunya peninggalan sejarah di Riau. terletak di Desa Muara Takus Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

JAM BUKA: setiap hari 08.00 - 18.00
HARGA TIKET: 15.000 per orang


2. Museum Sang Nila Utama

  

museum ini menyimpan beragam peninggalan sejarah dan budaya di Riau, seperti pakaian adat Riau, alat musik dan masih banyak lagi.berlokasi di Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru City, Riau.

JAM BUKA: setiap hari 08.00 - 16.00
HARG TIKET: 5.000 per orang

3. Taman Putri Kaca Mayang 

taman bermain ini memiliki pilihan permainan yg lengkap, mulai dari wahana air seperti, perahu, banana boat, ada juga flying fox, dan tempat untuk bersantai. Taman Putri Kaca Mayang ini terletak di  jalan Jendral Sudirman Pekanbaru.

JAM BUKA: setiap hari  08.00 - 18.00
HAGA TIKET:  20.000 per orang


4. riau fantasi  


riau fantasi atau yg juga dinamai labersa water and theme park,merupakan taman rekreasi  terbesar di sumatra, memiliki luas area yg cukup besar, sekitar 6,5 hektar. tidak hanya water park saja di sisni juga ada area bermain kering.

JAM BUKA:     setiap hari 10.00 - 18.00
 HARGA TIKET:   60.000 senin - jumat dan 70.000 sabtu - minggu

DESTINASI BUDAYA


1. RUMAH LONTIK 

Rumah Lancang atau pencalang merupakan nama salah satu rumah tradisional masyarakat Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. lokasi rumah adat ini  berada di dusun pulau blimbing 2,
desa kuok, kec. kuok, kab. kampar.

JAM BUKA: kapan saja bila ingin berkunjung
HARGA TIKET: GRATIS

 2. istana siak

istana yg pernah menjad pusat pemerintahan kesultanan siak, didirika pada tahun 1889 oleh sultan syrif hasyim abdul jalil syaifuddin



SOMETHING TO DO

1. berselancar di sungai kampar


sungai kampar mempunya ombak yg menderu sangat keras dan tinggi, ombak yg terbentuk bisamencapai 40 km / jam,  tak heran banyak peselancar datang ke sini untuk berselancar. lokasii berada di sungai kampar, teluk meranti, kab. palalawan, riau.


2. bermain di taman kayang

tempat wisata alam yg mempunyai permainan yg lengkap. diantaranya ada permainan air, seperti banana boat, perahu, d ada juga permainan darat seperti flying fox, dan ada taman juga untu bersantai

 

 3. belanja di mall ska pekanbaru

merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang terletak di barat kota Pekanbaru dan berdiri sejak tahun 2004, di sini bisa berbelanja seperti baju, sepatu, tas, dll

 something to see

 

 1. Batam International Culture Carnival


adalah karnaval yg  menampilkan parade baju-baju karnaval dengan tema yang variatif, unik dan tentu saja menarik, variasi kostum yang ditampilkan mengarah kepada kebudayaan Melayu Kepri. Carnival ini diadakan di Nagoya, Kota Batam.

2. Festival Jong


Festival Jong rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batam di Pantai Mak Dare, di Kawasan Pantai Kampung Tua Kampung Melayu, Nongsa. Hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Batam.
Festival ini menampilkan permaian khas Provinsi Kepri, yakni balap perahu Jong – perahu kecil yang diberi layar – dan dapat berjalan di atas air tanpa pengendara secara laju dengan memanfaatkan tiupan angin alami yang ada di laut.


 3. Kenduri Seni Mela 


adalah seni musik, seni tari dan budaya Kepri yang ditampilkan di event ini, kulinerpun bertebaran pada event ini. Kenduri Seni Melayu diadakan di bulan November setiap tahunnya di Kota Batam. Lokasi pelaksanaannya dipusatkan di Dataran Engku Puteri, Batam Center.
something to buy

 1. makanan khas

makanan khas adalah salah satu yg harus di coba atau di beli ketika sedang jalan jalan atau berdestinasi ke daerah tertentu. berikut adalah makanan khas riau:



MIESO




Miso ini sejenis mie yang terbuat dari olahan tepung yang menjadi kuning dan putih.
 miso ini juga memiliki kuah yang sangat segar dan juga gurih, lengkap dengan beberapa pelengkap seperti ayam yang disuwir- suwir, tahu kering, kerupuk kulit ayam yang sudah direbus.

Roti Jala

Roti jala ini terbuat dari olahan tepung terigu. biasanya dilengkapi dengan kuah berupa kuah kari baik kari daging sapi maupun kari ayam, kambing

  Bolu Kemojo

Kue ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu, mentega, gula pasir, serta telur. Warna hijaunya pun berasal dari air daun suji yang dicampur dengan air daun pandan, bukan dengan pewarna buatan. Bolu Kemojo asli dibuat dengan cara dikukus tradisional untuk menghasilkan aroma khas yang tak bisa ditemukan di tempat lain.


.
Es Air Mata Pengantin
 adalah minuman yg tidak jauh beda dengan es campur, Di dalamnya terdapat berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu, minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup, es batu. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan blewah yang memiliki manfaat untuk kesehatan.






Komentar

Postingan populer dari blog ini